Bungkam Dundalk, Arsenal 6 Kali Menang di Fase Grup

FlyGoal.com – Mikel Arteta berserta skuadnya di klub Arsenal berhasil mencatatkan capaian memenangkan  semua pertandingan fase grup Europa League setelah mengalahkan Dundalk FC dalam laga lanjutan grup B dengan skor meyakinkan 2-4 di kandang Dundalk, Aviva Stadium pada hari Kamis malam waktu setempat.

Tidak jauh berbeda dengan pertandingan Europa League sebelumnya ketika melawan Rapid Vienna, Mikel Arteta lebih banyak menurunkan pemain-pemain muda seperti Eddie Nketiah dan Nicolas Pepe di lini depan. Emile Smith Rowe yang berhasil mencetak gol dalam Rapid Vienna juga dipercaya oleh Arteta untuk bertanding dalam pertandingan terakhir mereka di dalam fase grup ini.

Di lini pertahanan, mantan asisten pelatih Manchester City tersebut kembali mempercayakan tembok pertahanan kepada Pablo Mari dan Skhordan Mustafi di jantung pertahanan mereka, dengan Cedric Soares dan Calum Chambers bermain di sisi bek sayap.

Menit-menit awal, Arsenal sebagai tim tamu langsung mencoba untuk memberikan tekanan kepada lini pertahanan tim tuan rumah. Nketiah berhadapan dengan penjaga gawang Dundalk, Gary Rogers untuk memperebutkan bola yang berada di depan gawang, tetapi beruntung untuk tim tuan rumah Rogers masih mampu membuktikan kemampuannya dengan menepis bola menjauhi lapangan.

Menit ke 4, Nketiah kembali mencoba untuk memberikan tekanan dengan melakukan tendangan langsung kea rah gawang Rogers, tetapi lini belakang Dundalk masih mampu untuk mempertahankan gawang mereka dari serangan penyerang muda tersebut.

Nketiah akhirnya mampu mencatatkan namanya di papan skor di menit ke 12 ketika dirinya mampu melewati pemain bertahan Dundalk serta mengelabui Rogers dengan melakukan sontekan bola kea rah gawang yang tidak mampu  dihalau oleh penjaga gawang asal Irlandia tersebut.

Gol kedua untuk The Gunners terjadi di menit ke 18 melalui kaki gelandang mereka, Mohammed Elneny. Pemain asal Mesir tersebut melakukan tendangan keras dari luar kotak pinalti ke arah pojok atas gawang Rogers yang lagi-lagi tidak mampu menghalau bola tersebut.

Pepe juga sempat mencoba untuk ikut mencatatkan namanya ke papan skor di menit ke 21, tetapi tendangan yang dilakukannya setelah mendapatkan umpan tarik dari Emile Smith Rowe masih melambung ke atas gawang Roger yang telah kebobolan 2 gol.

Dundalk baru berhasil mendapatkan gol pertama mereka dalam pertandingan ini  di menit ke 22 dengan permainan one-two antara Jordan Flores dan Michael Duffy, dengan Flores yang melalukan sentuhan terakhir dengan tendangan keras yang tidak mampu dihalau oleh penjaga gawang Arsenal, Runar Alex Runarsson.

Hingga peluit babak pertama pertandingan dibunyikan oleh wasit yang bertugas, Ivan Bebek, Arsenal masih unggul 1-2 atas tim tuan rumah.

Di babak kedua, kedua tim tidak menurunkan tempo pertandingan dan terus bermain dengan sengit selagi mencari cara untuk menambah gol lagi untuk masing-masing tim. Arsenal mampu mendapatkan gol ketiganya dari kaki pemain muda lainnya, Joseph ‘Joe’ Willock di menit ke 67 dengan melakukan tendangan keras di dalam kotak pinalti. Rogers sempat menepisnya tetapi bola tersebut tetap bergulir ke dalam gawang.

Folarin Balogun memperjauh jarak antara Arsenal dengan Dundalk dengan golnya di menit ke 80 setelah dirinya berhasil bergerak tanpa penjagaan dan menerima umpan terobosan dari Pepe dan melakukan tendangan ke gawang Rogers.

Lima menit menjelang bubar, Dundalk menutup pertandingan ini dengan gol kedua mereka melalui Sean Hoare yang menyundul bola tendangan bebas dari Flores.

Hasil 2-4 tersebut membuat Arsenal kokoh di puncak grup B dengan raihan poin penuh, yakni 18 poin. Sebaliknya kekalahan atas Arsenal membuat Dundalk harus keluar dari Europa League tanpa kemenangan satupun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *