Hasil Imbang Kontra Porto Pastikan City Juara Grup

FlyGoal.com – Meski hanya menghasilkan hasil imbang, Manchester City telah memastikan tempat mereka sebagai jawara grup C Champions League dalam laga lanjutan yang dilaksanakan di markas FC Porto, Estadio do Dragao yang dilaksanakan pada hari Selasa malam waktu setempat.

Dalam pertandingan tersebut, meski tengah berada di posisi puncak klasemen grup, hal teresbut tidak menghentikan skuad asuhan Pep Guardiola tersebut untuk berusaha mendapatkan poin penuh kala melawan tuan rumah.

Menit-menit awal Oleksandr Zinchenko, bek sayap kiri Manchester City memiliki kesempatan untuk membuat timnya unggul terlebih dahulu, tetapi pergerakan bolanya mampu diantisipasi oleh garis pertahanan Porto yang hanya menghasilkan goal kick.

Manchester City terus memberikan tekanan kepada skuad asuhan  Sergio Conceicao tersebut, tetapi permainan umpan lambung yang dimainkan oleh para pemain tim Premier League tersebut belum mampu menemukan sasaran yang tepat.

Menit ke 11, garis pertahanan Porto kembali berhasil menghalau serangan dari Manchester City dengan menjebak Ferran Torres dalam offside.

Menit ke 15, Porto memberikan ancaman kepada City ketika Otavio Monteiro mampu melewati garis pertahanan City dan berhadapan satu lawan satu dengan Ederson, tetapi beruntung bagi Manchester biru Ederson berhasil mengamankan serangan dari gelandang Porto tersebut. Meski Otavio Monteiro tersungkur, wasit tidak memberikan pinalti.

Ederson kembali melakukan penyelamatan gemilang di menit ke 21 ketika salah satu pemin Porto berhasil melakukan sundulan ke arahnya dan mantan pemain Benfica tersebut mampu menahan bola sundulan tersebut dengan menggunakan tangan kirinya.

City kembali mengancam gawang Porto yang dijaga oleh Agustin Marchesin ketika Torres berhasil melakukan run di menit ke 22, tetapi sang penjaga gawang mampu menahan laju gerak Torres dengan menggunakan badannya dan mematahkan serangan The Citizen.

Manchester City kembali mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol ketika Raheem Sterling melakukan tendangan keras ke gawang Porto di menit ke 36. Meski Marchesin tidak mampu menggapai bola tersebut, beruntung bagi Porto Zaidu Sanusi mampu melakukan clearance di garis gawang dan menghalau bola melewati garis gawang.

Menit ke 39 Sergio Oliveira mencoba menendang dari luar kotak pinalti, tetapi tendangannya masih melambung ke atas gawang Ederson. Hingga babak pertama berakhir skor masih sama kuat 0-0.

Babak kedua di mulai dan kedua tim masih mencoba untuk mencetak gol terlebih dahulu, dan kesempatan tersebut kembali dihasilkan oleh Porto melalui kaki Oliveira, tetapi Ederson lagi-lagi membuktikan kapabilitasnya sebagai salah satu penjaga gawang terbaik yang bermain di Liga Inggris dengan menangkap bola Oliveira tersebut dengan sempurna.

Menit ke 71, Pep Guardiola memainkan Gabriel Jesus menggantikan Ferran Torres yang sudah bermain sejak awal pertandingan. Keputusan sang mantan pelatih Barcelona tersebut cenderung tepat karena lini serang Manchester City lebih terarah.

Jesus berhasil mencetak gol di menit ke 80 ketika Bernardo Silva melancarkan umpan silang kepada dirinya di depan gawang Marchesin. Meski sundulannya sempat mengenai mistar, Jesus berhasil memanfaatkan bola muntah tersebut dan mencetak gol. Akan tetapi, gol tersebut dianulis oleh wasit karena Video Assistant Referee (VAR) menganggap Jesus telah berada dalam posisi offside ketika menerima umpan dari Bernardo Silva sejak awal.

Pada akhirnya, babak kedua berakhir dan kedua tim harus puas berbagi angka dengan skor imbang tanpa gol yang membuat Manchester City menetapkan dirinya sebagai jawara grup C dengan 13 poin, dengan Porto yang berada di posisi kedua dengan 10 poin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *