Klub Tidak Diizinkan Jalankan Siaran Stream dari Situs Klub Masing-Masing

Wartabola.id – Kabar buruk melanda klub-klub Premier League karena mereka terancam gagal untuk menambah pemasukkan mereka dari siaran klub secara streaming.

Menurut pemberitaan dari Daily Mail, pihak Premier League telah memberikan larangan kepada klub-klubnya untuk membuka layanan streaming langsung pertandingan tim mereka melalui situs resmi masing-masing klub.

Keputusan tersebut berawal dari pertemuan yang membahas usulan dari para klub Premier League kepada pihak liga untuk meniru apa yang dilakukan oleh EFL, yakni membuka layanan stream bagi pertandingan-pertandingan mereka yang tidak disiarkan langsung oleh layanan penyedia yang sudah ada untuk memberi pemasukkan kepada klub, mengingat hingga saat ini penonton masih belum diperbolehkan untuk hadir ke stadion sehingga klub tidak mendapatkan pemasukan dari tiket masuk karena efek dari pandemi coronavirus.

Sportsmail mengabarkan bahwa meski direncanakan mulai minggu depan untuk kembali bertemu untuk membahas hal tersebut, kecil kemungkinan Premier League untuk membuka layanan seperti iFollow milik EFL.

Beberapa klub Premier League telah menyarankan bahwa pihak liga melakukan pendekatan langsung ke konsumen seperti apa yang telah dilakukan oleh EFL untuk menyiarkan 160 dari 380 pertandingan yang tidak dijual hak siarnya kepada lembaga-lembaga seperti Sky Sports, BTSports, dan Amazon Prime. Namun, usulan tersebut sulit untuk diwujudkan karena pihak liga menganggap nantinya nilai jual Premier League akan menurun.

Sementara itu, pihak penyiar seperti Sky Sports dan BT telah menyatakan ketidaksetujuannya terhadap layanan yang diusulkan tersebut karena merasa nilai keeksklusivitas mereka akan menurun yang menyebabkan klub-klub ingin meminta potongan dari harga yang sudah ditentukan.

Selain itu, dikhawatirkan jika layanan tersebut diwujudkan akan terjadi ketidakseimbangan dari jumlah pemasukan yang ada dari para fans yang membayar untuk menonton stream tersebut. Klub-klub dengan jumlah fans yang besar akan meraih keuntungan lebih banyak dibandingkan dengan klub kecil. Hal ini akan menghilangkan keseimbangan tingkat pemasukkan yang telah diatur dengan sistem yang sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *