Puskas Award 2020

FIFA

Flygoal.com – Robert Lewandowski dinobatkan sebagai pemain terbaik FIFA tahun ini. Juergen Klopp memenangkan pelatih terbaik dan Son Heun-Min sebagai Gol Terbaik.

Lewandowski menjadi aktor utama keberhasilan Bayern Munich meraih gelar Bundesliga, DFB-Pokal, dan Liga Champions musim lalu, dimana ia menyumbangkan 55 gol dan 10 assist dalam 47 laga.

Ketajamannya di depan gawang berlanjut di musim ini, dimana ia sudah menyumbangkan 18 gol dan 5 assist dalam 17 laga sejauh ini. Koleksi trofi Bayern juga bertambah dua lagi, yakni Piala Super Jerman dan Piala Super Eropa.

Hasil itu membuatnya berhasil menyambet banyak dukungan dari para perwakilan pelatih, perwakilan pemain, dan jurnalis. Setelah dirata-ratakan, Lewandowski meraih nilai akhir 52, unggul dari Ronaldo (38) dan Messi (35).

“Memenangi penghargaan ini yang juga pernah dimenangi oleh Messi dan Ronaldo, benar-benar sulit dipercaya dan begitu berarti untuk saya,” ujar Lewandowski, dikutip Sky Sports.

“Saya amat bangga dan senang. Ini hari yang luar biasa untuk saya, Beyrn, dan rekan setim,” sambung striker asal Polandia itu.

Sementara itu, peraih gelar pelatih terbaik jatuh kepada Jurgen Klopp. Keberhasilannya membawa Liverpool juara Liga Inggris setelah 30 tahun lamanya membuat pria asal Jerman itu berhasil mengalahkan Hansi Flick (Bayern Munich) dan Marcelo Bielsa (Leeds United).

para voter lebih memilih Klopp yang sukses menyudahi puasa 30 tahun gelar juara Liga Inggris Liverpool musim lalu. Bahkan The Reds juara ketika musim masih menyisakan tujuh partai lagi, rekor di Inggris.

Atas suksesnya itu, Klopp berhasil mempertahankan trofi yang direbutnya tahun lalu. Di 2019, Klopp meraih gelar itu usai memberikan Liga Champions keenam Liverpool.

“Saya harus berterima kasih kepada para pemain. Apa yang kami lakukan dalam beberapa tahun terakhir begitu luar biasa,” ujar Klopp disitus resmi klub.

“Saya tidak tahu rasanya seperti apa (memenangi Premier League) dan menurut saya itu luar biasa,” sambungnya.

“Saya harus berterima kasih kepada banyak orang, khususnya para pelatih saya. Jika saja saya tahu akan memenangi ini, maka mereka akan duduk di sini bareng saya. Apa yang kami lakukan musim lalu itu karena kinerja para pemain.”

“Kami tidak mengimpikan ini selama 30 tahun, tapi kami melakukannya dalam beberapa tahun terakhir,” tutup Juergen Klopp.

Son Heung-Min juga mendapat gelar dalam anugerah tahun ini. Penyerang Tottenham Hotspur asal Korea Selatan ini memenangi gelar Puskas Award (gol terbaik) berkat gol yang dicetak ke gawang Burnley di Liga Inggris pada 27 Desember 2019.

Pemain Korea Selatan itu sempat membuat gol indah ke gawang Burnley di Tottenham Hotspur Stadium, dalam pertandingan Liga Inggris musim lalu, 7 Desember 2019. Ia menggiring bola dari daerah pertahanan Tottenham hingga kotak penalti lawan, sebelum menceploskan bolanya ke gawang Burnley.

Atas aksinya itu, Son menyabet gelar Puskas Award 2020. Ia mengalahkan Luis Suarez (Barcelona/Atletico Madrid) dan Giorgian De Arrascaeta (Flamengo).

Dengan keberhasilan ini, Son Heung-Min mengikuti jejak Cristiano Ronaldo, Neymar, James Rodriguez, Zlatan Ibrahimovic, dan Mohamed Salah, yang sudha pernah memenangkan Puskas Award.

Pada kategori kiper terbaik, Manuerl Neuer keluar sebagai pemenang. Kiper Bayern Munich itu mengalahkan Alisson (Liverpool) dan Jan Oblak (Atletico Madrid).

Di kategori wanita, ada Lucy Bronze (Manchester City) yang menjadfi pemain terbaik. Peraih gelar kiper terbaik jatuh ke tangan Saran Bouhaddi (Lyon), dan pelatih terbaik menjadi milik Sarina Wiegman (Timnas Belanda).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *