UEFA Putuskan Menghapus Piala Eropa U-19, Piala Dunia U-20 Tetap Di Indonesia

Piala Dunia U-20

Flygoal.com – UEFA memutuskan menghapus Piala Eropa U-19 2020 di Irlandia Utara. Ajang ini padahal seharusnya menjadi kualifikasi Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia.

Piala Eropa U-19 seharusnya sudah selesai digelar pada 19 Juli hingga 1 Agustus lalu. Hal itu tidak terealisasi karena babak kualifikasinya belum selesai karena terhambat pandemi Covid-19.

Untuk menggelar Piala Eropa U-19 perjalanannya terhitung masih panjang sebelu UEFA memutuskan menghapus Piala Eropa U-19. Bahkan babak kualifikasinya belum menjalankan babak Elite Round.

Elite Round adalah babak lanjutan dari fase grup Kualifikasi Piala Eropa 2020 dengan 28 tim lolos ke babak ini  Rinciannya ; 13 tim juara grup, 13 runner-up grup, Finlandia (tim peringkat ketiga terbaik),serta Portugal (otomatis lolos ke Elite round).

Makedonia Utara dan Bulgaria, yang menjadi lawan Timnas Indonesia U-19 dalam laga uji coba di Kroasia, merupakan peserta yang melaju ke babak Elite round, Makedonia Utara dan Bulgaria tergabung di Grup 2 Elite round bersama Spanyol dan Belgia.

Rencana awalnya, babak Elite Round ini digelar dengan format single round-robin atau setiap tim Cuma saling berhadapan satu di babak grup. Mereka yang menjadi juara grup akan lolos ke babak utama Piala Eropa U-19.

UEFA sebenarnya sudah punya rencana tetap melanutkan Piala Eropa 2020 meski babak kualifikasinya tidak kunjung selesai. Mereka sempat berkali-kali merevisi jadwal setelah kegagalan menggelar turnamen ini pada Juli-Agustus.

Federasi Sepakbola Eropa itu sempat memindahkan jadwal turnamen ke7-14 Oktober untuk babak fase grup dan 11-14 November untuk babak penyisihan. Kemudian mereka juga sempat mewacanakan menggeser turnamen ke Bulan Maret 2021.

Lantaran babak kualifikasi tidak kunjung selesai, UEFA akhirnya menyerah. Dalam pengumuman resmi pada, Selasa (20/10), mereka memutuskan meniadakan Piala Eropa U-19 2020.

Untungnya Piala Dunia U-20 tidak terdampak dari ditiadakannya Piala Eropa U-20. UEFA sudah memutuskan untuk memberika tiket otomatis Piala Dunia U-20 buat lima tim yang akan menjadi perwakilan Eropa.

Mereka adalah Inggris, Prancis, Italia, Belanda, dan Portugal. Kelima tim itu dipilih berdasarkan peringkat koefisien tertinggi musim 2019/2020.

“Inggris, Prancis, Italia, Belanda, dan Portugal (dalam urutan abjad) akan menjadi perwakilan Eropa yang dinominasikan untuk berpartisipasi dalam Piala Dunia U-20 FIFA,” tulis pernyataan UEFA dalam laman resmi mereka pada Selasa(20/10).

Indonesia akan otomatis mendapatkan satu slot. Karena Indonesia adalah tuan rumah untuk Piala U-20.

Meski begitu, batalnya Piala Eropa U-19 2020 ini menjadi sinyalemen bahaya bagi Indonesia yang akan menyelenggarakan Piala Dunia U-20. Ini menjadi bukti bahwa menyelenggarakan event internasional di tengah situasi saat ini bukan urusan mudah.

Apalagi, ini bukan kejuaran kelompok usia pertama yang dibatalkan karena efek pandemi Covid-19. Indonesia sendiri juga sudah mengalami kegagalan tampil di Piala Asia U-16 dan Piala Asia U-19 2020 karena AFC menundanya ke tahun 2021.

Memang banyak liga domestik atau uji coba internasional level senior di berbagai belahan dunia yang sudah berjalan. Namun, jika melihat trennya, kejuaraan kelompok usia mungkin tidak terlalu menjadi prioritas di tengah tinggi ancaman virus Corona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *