Arsenal: Kembalinya Fans ke Stadion dan Kemenangan Europa League

FlyGoal.com – Sembilan lamanya sepak bola Inggris harus dilaksanakan pada stadion yang kosong melompong, akhirnya sepak bola Inggris mulai bisa dinikmati oleh para fans, meskipun secara terbatas. Salah satunya adalah Arsenal yang telah diperbolehkan untuk menghadirkan fans kala melawan Rapid Vienna di Europa League.

Sebelumnya,  pada bulan Maret lalu, layaknya yang terjadi pada berbagai liga sepak bola berbagai negara di dunia, sepak bola Inggris harus dihentikan sementara karena efek dari pandemi COVID-19 yang telah menyebar di berbagai negara sejak awak tahun 2020.

Untuk mengantisipasi penyebaran yang bisa semakin parah, mengingat stadion sepak bola merupakan salah satu tempat yang ramai dengan orang, pemerintah Inggris sempat menetapkan untuk tidak melaksanakan berbagai kompetisi sepak bola domestik hingga bulan Juni.

Bulan Juni, Premier League kembali dijalankan setelah diskusi alot antara pihak kesehatan, Premier League, dan pemerintah. Premier League akhirnya kembali dijalankan, tetapi dengan syarat tidak adanya penonton yang diperbolehkan hadir ke stadion. Untuk melanjutkan jalannya liga, para klub-pun akhirnya bertanding dengan jadwal baru yang telah dimodifikasi sedemikian rupa agar tidak mengganggu persiapan untuk musim 2020-2021.

Kompetisi Eropa pun demikian. UEFA menyatakan bahwa sekitar bulan yang sama kompetisi Champions League dan Europa League juga dilakukan dengan tanpa penonton.

Musim 2020-2021 tiba, dan sepak bola Inggris juga awalnya masih menjadwalkan pertandingan dengan ketentuan yang sama, sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.  Setelah Inggris sempat melakukan lock down kedua untuk mencegah penyebaran virus lebih parah yang berakhir pada tanggal 2 Desember lalu, akhirnya kabar yang dinantikan untuk para fans klub sepak bola Inggris tiba.

Menurut BBC, sejak tanggal 2 Desember, pihak pemerintah Inggris telah memberlakukan sistem tier (tingkatan) untuk menentukan klub sepak bola mana saja yang boleh mengakomodasi penonton dengan jumlah yang terbatas dan mengikuti protokol COVID-19 yang berlaku.

Arsenal merupakan klub sepak bola yang termasik dalam tier 2, yang berarti pihak klub dapat mengakomodasi penonton untuk hadir sebanyak maksimal 2.000 orang, dengan jarak yang dipisahkan satu sama lain, bahkan jika datang dengan satu keluarga.

Sebanyak 2.000 penonton akhirnya dapat menyaksikan sepak bola lagi selama 9 bulan lamanya harus puas dengan tayangan layar kaca dan momen ini  tentunya tidak akan terlupakan oleh para fans Arsenal yang datang ke stadion.

Para fans yang datang juga disuguhkan dengan permainan gemilang dari skuad Mikel Arteta pada pertandingan grup B tersebut melawan Rapid Vienna. Alexandre Lacazette memimpin lini serang Arsenal menggantikan Pierre Emerick Aubameyang dan penyerang asal Perancis tersebut berhasil mencetak gol pertama untuk The Gunners dalam laga tersebut.

Pablo Mari juga ikut menyumbangkan golnya yang juga merupakan gol pertamanya untuk Arsenal setelah sekian lama dirinya absen karena sakit.

Arsenal kemudian berhasil mencetak 2 gol lagi melalui Eddie Nketiah serta Emile Smith Rowe di babak kedua, meski Koya Kitagawa, pemain Rapid Vienna sempat mencetak satu gol untuk tim tamu.

Mikel Arteta sendiri mengapresiasi kedatangan para fans ke Emirates Stadium serta menyebutkan mereka juga turut berkontribusi akan kemenangan indah tersebut. Dikutip dari Reuters, Arteta menyatakan, “Senang bisa melihat fans kembali, mereka membuat pertandingan sangat berbeda.”

“Kami memiliki 2.000 fans tetapi mereka bersuara lantang dan mereka mendukung tim.”

Dengan kemenangan ini, Arsenal memiliki modal yang dibutuhkan untuk pertandingan besar mereka pada hari Minggu nanti melawan Tottenham Hotspur dalam laga derbi London Utara. Dengan Tottenham Hotspur Stadium, tempat berlangusngnya derbi, juga berada dalam tier 2, maka laga derbi London Utara kali ini akan dimeriahi dengan sorak sorai penonton, meski situasi dan kondisi saat ini yang bisa dibilang sangat berbeda dengan kondisi normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *