Crouch Puji VAR yang Batalkan Keputusan Pinalti untuk Wolves

FlyGoal.com – Video Assistant Referee (VAR) seringkali dijadikan sasaran kritik oleh pemain maupun pelatih sepak bola karena orang yang bekerja untuk menjalankannya bekerja dengan kurang maksimal, dan terkadang memberi keputusan yang keliru kepada wasit yang bertindak di lapangan.

Namun, tidak jarang bahwa sistem tersebut mampu membantu wasit untuk memberikan keputusan yang tepat, terutama jika berkaitan dengan pelanggaran yang terjadi di dalam kotak pinalti.

Hal ini terjadi dalam pertandingan antara Liverpool melawan Wolverhampton Wanderers. Dalam pertandingan tersebut, wasit yang pada saat itu bertindak, Craig Pawson, memberikan tendangan pinalti untuk Wolverhampton Wanderers ketika Conor Coady terlihat terjatuh di kotak pinalti Liverpool akibat dari pelanggaran yang dibuat oleh Sadio Mane.

Tentunya keputusan dari Pawson tersebut tidak direspons dengan baik oleh baik para pemain Liverpool maupun para fans yang menonton di dalam stadion dan meminta Pawson untuk meninjau kembali keputusannya terhadap pelanggaran tersebut dengan menggunakan VAR.

Pawson akhirnya melihat VAR yang menunjukkan bahwa Mane tidak melakukan kontak fisik dengan Coady dan Coady hanya melakukan diving agar timnya mampu mendapatkan pinalti. Setelah melihat bukti tersebut, Pawson memutuskan untuk membatalkan keputusan pinalti tersebut dan memberikan tendangan bebas untuk The Reds.

Kontribusi yang telah dibuat oleh VAR untuk Pawson tersebut membuat mantan pemain Liverpool, Peter Crouch memberikan pandangannya. Dikutip dari Daily Mail, dikabarkan bahwa Crouch memberikan pujian kepada VAR dengan menyebutkan bahwa untuk insiden seperti inilah VAR dipakai dalam industri sepak bola karena bila dilihat secara sekilas, Crouch mengaku bahwa Coady terlihat benar-benar dilanggar secara fisik oleh Mane.

Setelah pertandingan tersebut berakhir, mantan pemain yang memiliki tubuh jangkung tersebut menyebutkan, “VAR telah bekerja dengan sangat baik pada pertandingan malam ini. Ketika terjadi di waktu riil, saya melihatnya dan memikirkan “pinalti” layaknya orang kebanyakan, tetapi Mane mencoba untuk menghindar.”

“Reaksi dari para pemain Liverpool memperlihatkan semuanya. Para fans juga terlihat geram. Conor Coady terlihat sedikit lunglai, dan keputusan yang telah dibuat adalah keputusan yang benar.”

Tidak hanya Coady, pakar sepak bola lain, yakni Mark Clatternburg juga memberikan pendapatnya mengenai VAR pada pertandingan yang berakhir 4-0 untuk Liverpool tersebut. Menurut mantan wasit yang bertugas sejak tahun 2204 hingga tahun 2017 tersebut, satu-satunya hal yang disayangkan adalah Pawson yang tidak memberikan kartu kuning karena ketahuan melakukan diving.

Clattenburg mengatakan, “Hal yang membuat saya terkejut adalah Coady yang tidak diperingatkan. Ini merupakan bentuk diving murni dan dirinya mencoba untuk mengelabui wasit dan harusnya diberikan kartu kuning atas perbuatannya tersebut.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *