Donny van de Beek, Bintang United yang Terbuang

FlyGoal.com – Bagi pemain sepak bola muda, bermain dengan gemilang sehingga menarik perhatian klub besar merupakan hal yang menjadi impian. Berseragam salah satu tim besar yang dikenal baik nasional maupun internasional dan menjadi salah satu pemain penting bagi klub tersebut merupakan babak baru yang diinginkan pemain muda tersebut.

Namun, tidak jarang bahwa realita yang terjadi tidak seindah yang dibayangkan. Terkadang, ketika sang pemain muda tersebut berpindah ke klub besar, dirinya hanya akan menjadi penghias bangku cadangan dan tidak mendapatkan jam main seperti yang dirinya dapatkan di klubnya selanjutnya. Tidak tertutup kemungkinan jika pemain tersebut tidak puas akan perlakuannya pelatih dan klub yang berakhir dengan dirinya meminta untuk keluar.

Hal ini yang tengah terjadi oleh pemain Manchester United, Donny van de Beek, pemain muda yang bermain di posisi gelandang yang kini hanya menghabiskan waktunya di bangku cadangan.

Pemain asal Belanda tersebut didatangkan dari klub ternama liga Belanda, Ajax Amsterdam dengan dana yang diperkirakan mencapai 40 juta poundsterling, setelah dirinya menunjukkan performa gemilang dan berhasil menjadi bagian yang penting bagi tim asuhan Erik ten Hag terebut. Kedatangan sang pemain di  Old Trafford sempat diharapkan akan menjadi transfer yang sukses.

Namun, pada kenyataannya, van de Beek kini masih belum mampu bermain dengan reguler bersama rekan-rekannya di tim berjuluk Si Setan Merah tersebut. Hingga kini, van de Beek hanya mampu menjadi starter dalam 2 laga dari 14 laga Premier League yang dijalankan oleh tim asal kota Manchester tersebut. Dirinya juga baru mencetak 1 gol sepanjang berseragam United, yakni ketika bermain dalam pertandingan perdana klub di musim 2020-2021.

Tidak heran bila pemerhati sepak bola dari berbagai penjuru memberikan kritik atas perlakuan yang dilakukan oleh Manchester United yang hingga saat ini belum memberikan jam main yang cukup bagi talenta muda tersebut.

 Salah satu orang yang memberikan kritik atas apa yang terjadi dengan van de Beek adalah mantan staf kepelatihan Manchester United, Rene Meulensteen mengaku dirinya terkejut akan perlakuan yang diberikan oleh sang pelatih utama, Ole Gunnar Solskjaer terhadap rekrutan anyarnya, Donny van de Beek.

Dikutip dari Daily Mail, kepada Stadium Astro, Muelensteen mengatakan, “Saya tidak berpikir bukan hanya tentang perlakuan, hal ini telah menjadi satu paket dalam menjadi pemain sepak bola.”

“Saya kira mengapa orang-orang di Belanda sana terheran-heran adalah Anda bisa menanyakana  siapa saja bahwa Donny van de beek merupakan seorang sosok pesepakbola yang sangat berbakat.”

“Dampak yang dirinya tampilkan ketika masih di Ajax tidak jauh berbeda dengan dampak yang ditampilkan oleh Bruno Fernandes untuk United sekarang. Dirinya bisa bermain di lini depan atau bahkan di sektor samping jika Anda memainkan bek sayap Anda ke depan secara terus menerus.”

Sementara itu, mantan pemain Manchester United, Dimitar Berbatov juga memberikan pandangannya terkait apa yang terjadi kepada van de Beek,  dengan dirinya berpendapat bahwa jika keadaannya terus seperti ini, tidak heran apabila sang pemuda meminta transfer keluar dari klub.

Dikutip dari Betfair, dirinya mengatakan, “Saya tidak paham apa yang tengah terjadi kepada van de Beek. Sya telah  mengatakan sebelumnya bahwa saya menyukainya sebagai seorang pemain, dirinya bermain hebat untuk Ajax dan tim nasionalnya, tetapi sekarang tidak mampu mendapatkan jam main di United.”

“Saya tidak menyaksikan dirinya saat latihan dan waktunya yang sedikit dalam lapangan tidak cukup untuk menilainya lebih lanjut.”

“Dirinya butuh bermain dalam beberapa pertandingan untuk memberikannya kepercayaan diri. Saya bisa melihatn kepercayaan diri yang dimilikinya tidak cukup tinggi, dan hal tersebut adalah hal yang normal karena ketika Anda tidak bermain, Anda mulai menghukum dan mempertanyakan diri Anda sendiri.”

“Saya tidak heran apabila dirinya mulai mencari cara untuk keluar klub dan tidak akan ada yang menyalahkannya. Ada yang tidak beres.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *