Emi Martinez, Penjaga Gawang Terbuang Arsenal

FlyGoal.com – Emiliano Martinez, penjaga gawang asal Argentina sejatinya merupakan salah satu penjaga gawang Arsenal yang telah berbakti selama 1 dekade dan sempat mulai membuktikan dirinya sebagai penjaga gawang berkualitas pada paruh akhir musim lalu. Namun, karena keputusan klub yang tidak memberikannya posisi sebagai penjaga gawang utama klub membuat dirinya hengkang dari klub asal London tersebut.

Pada saat dirinya masih menjadi bagian dari The Gunners, dirinya lebih sering dipinjamkan ke berbagai klub karena masih belum menjadi bagian dari tim utama Arsenal . Namun, Martinez mulai dipercaya oleh Mikel Arteta, sang pelatih untuk menjadi starter ketika Bernd Leno harus dikeluarkan dari lapangan ketika bertandinga melawan Brighton & Hove Albion di paruh akhir musim 2019-2020 kemarin.

Sejak saat itu, Martinez membuktikan bahwa dirinya pantas untuk menjadi penjaga gawang utama, terutama setelah berhasil membantu tim mendapatkan 2 trofi, yakni FA Cup di musim 2019-2020, dan Community Shield di awal musim 2020-2021.

Kepada Independent, dirinya mengatakan bahwa setelah kemenangan Community Shield tersebut, Martinez menganggap bahwa dirinya akan menjadi penjaga gawang utama, bahkan akan memulai musim baru bersama klub tersebut. Tetapi dari pihak klub tidak memberikan kepastian yang jelas kepada pemain asal Argentina tersebut.

Dirinya mengatakan, “Saya diberitahu bahwa ada kemungkinan 95% saya akan dimainkan kala melawan Fulham. Tetapi saya berpikir, ‘Mengapa tidak 100%?’ Ada hal yang tidak beres.”

“Semua ingin saya tetap tinggal, tetapi itulah saat saya berkeputusan ingin hengkang. Saya tidak marah atau emosi. Saya bangga. Ketika saya tiba di Arsenal (2010), ada 9 penjaga gawang di atas saya. Setiap tahun saya harus membuktikan diri, tetapi saya meninggalkan klub sebagai pemain bernomor punggung 1. Itulah kisah saya di sana.”

Pada akhirnya, dirinya sempat menjalani pembicaraan dengan Arteta untuk membahas posisi Martinez, tetapi sudah ditetapkan bahwa Leno-lah yang tetap menjadi penjaga gawang utama The Gunners untuk musim-musim mendatang. Dikutip dari Evening Standard, Martinez mengatakan, “Kami duduk bersama, saya kira dirinya mengatakannya dalam sebuah rapat.”

“Saya berbicara kepadanya di depan seorang rekan saya. Saya berkata kepadanya saya ingin bermain tiap minggunya dan dirinya tidak dapat memberikan kepastian penjaga gawang mana yang akan menjadi starter.”

“Bahkan sebelum laga Community Shield dirinya tidak tahu siapa yang akan bermain jadi penjaga gawang. Setelah 10 tahun berada di klub saya tidak ingin menunggu hingga hari Jumat malam, sehari sebelum pertandingan , apakah saya akan bertanding melawan Fulham atau tidak.”

Pada akhirnya, Martinez tidak berada dalam daftar nama skuad yang dibawa Arteta dalam laga perdana musim 2020-2021 kontra Fulham tersebut, dan tidak lama kemudian Martinez hengkang ke Aston Villa dengan dana 16 juta poundsterling dengan durasi kontrak selama 4 tahun.

Bertemu dengan mantan klubnya kala Aston Villa dan Arsenal bertanding pada akhir pekan lalu, Martinez tampak yakin bahwa Villa merupakan klub yang cocok untuknya setelah dikecewakan oleh klub asal London tersebut.

Villa berhasil mengalahkan Arsenal dengan skor 0-3 di Emirates, dan pascapertandingan Martinez mengatakan, “Saya hanya ingin bermain sebagai bagian tim utama dan Arsenal tidak dapat memastikan hal tersebut kepada saya.”

“Mereka tidak mengatakan saya akan bermain kala melawan Fulham di pertandingan perdana Arsenal sehingga ketika saya ragu saya memutuskan untuk pergi dan Villa merupakan opsi pertama dan satu-satunya untuk saya.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *