FA Sebut Perkataan Troy Townsend dalam Dokumenter Anton Ferdinand Tidak Benar

FlyGoal.com – Menurut pemberitaan dari Independent, dikabarkan bahwa asosiasi  sepak bola Inggris (FA) telah memberikan pernyataan bahwa perkataan Kepala Pengembangan gerakan Kick It Out (gerakan anti-rasisme dalam sepak bola), Troy Towsend dalam dokumenter mengenai  kasus Anton Ferdinand tidak benar.

Dalam dokumenter berjudul Anton Ferdinand: Football, Racism, and Me yang ditayangkan oleh BBC One beberapa hari lalu, Ferdinand bertanya kepada Townsend terkait kasusnya dengan bek Chelsea saat itu, John Terry pada tahun 2011 mengapa Kick It Out tidak berbuat banyak dalam kasus tersebut.

Menjawab pertanyaan dari Ferdinand, Townsend mengatakan bahwa peraturan yang berlaku pada saat itu mencegah Kick It Out untuk berbicara kepada korban ketika kasus masih dianggap aktif. Lebih lengkap, dirinya mengatakan, “Ketika sebuah insiden terjadi, saya tidak seharusnya berbicara kepada Anda. Saya tidak seharusnya berbicara kepada Anda karena peraturan sepak bola mengatakan saya akan menghalangi proses penyelidikan. Pada dasarnya, yang dikatakan adalah sang korban akan dibiarkan saja hingga kasus selesai.”

Membantah pernyataan dari  Townsend tersebut, pihak FA telah mengeluarkan pernyataan setelah dokumenter tersebut disiarkan. FA mengatakan, “FA telah menjalani hubungan erat dengan Kick It Out dan mereka tetap menjadi salah satu dari pemangku kepentingan utamadalam permainan sepak bola karena kami sama-sama ingin memberantas semua bentuk diskriminasi dari sepak bola Inggris.”

“Dialog terbuka dan jujur antara kedua belah pihak adalah kunci, sebagaimana yang telah dilakukan selama ini, dan kami terus bekerja bersama dengan mereka yang semakin maju.”

“Namun, kami dapat memberikan konfirmasi bahwa tidak ada aturan yang ada dalam hubungan kami yang membuat pihak Kick It Out tidak dapat menghubungi pihak korban dari diskriminasi tersebut.”

“Sebaliknya, kebijakan tertulis FA adalah untuk mendukung keterlibatan aktif dari Kick It Out sehingga mereka dapat memberikan dukungan terhadap korban diskriminasi sepanjang dan setelah proses disipliner FA berjalan.”

Kick It Out telah hadir dan menyediakan dukungan bagi para pesepakbola di masa lalu dan akan didorong untuk terus memainkan peran ini untuk masa yang akan datang.”

Townsend juga menjelaskan kepada Ferdinand mengenai posisi Kick It Out dan FA yang sama-sama menerima dana dari pemerintah. “Saya merasa setiap saya berbicara saya mempertaruhkan pekerjaan saya. Ketika Anda mengkritisi pihak berwenang, mereka tidak akan senang. Ingat kita tengah mengkritisi topik khusus yang menjadi pemikiran semua orang, topik yang ingin kami telaah dengan lebih baik.”, tambahnya.

“Karena itulah saya terus menjelaskan, apakah kita menghadapi situasi dan cerita diskriminasi dan rasisme secara serius, ataukah kita hanya melanjutkan basa-basi yang telah berjalan selama 9 tahun?”

Terkait pernyatan Townsend tersebut, FA menambahkan dalam pernyataannya, “Melihat tuduhan seseorang di Kick It Out yang mengatakan dirinya takut kehilangan pekerjaannya jika mengkritisi badan otoritas sepak bola, ini merupakan tuduhan tanpa dasar.”

“Tidak ada pemain atau partisipan yang merasa menjadi korban tindak penyimpangan yang harus merasa bahwa mereka tidak mampu mengakses dukungan yang mereka butuhkan.”

“Kami mengecam keras semua bentuk diskriminasi dan kami menerima semua bentuk keluhan dengan serius. Sebagai badan pengatur sepak bola Inggris, kami memiliki tanggung jawab dan tugas untuk menyelidiki semua insiden dan tuduhan yang ada.”

“Memberantas diskriminasi merupakan nilai utama yang tertanam pada FA dan kami bekerja bersama dengan para pemangku kepentingan kami sepanjang permainan serta dengan pihak yang relevan untuk melakukan tindakan atas siapapun yang terbukti bersalah atas tuduhan.”

“Kami berkomitmen penuh dan memusatkan perhatian kami untuk memberantas diskriminasi dari permainan serta memastikan sepak bola Inggris adalah permainan yang inklusif dan majemuk.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *