Pelatih-Pelatih Premier League Ingin Peraturan 5 Pergantian Pemain Kembali Diberlakukan

FlyGoal.com – Ketika sepak bola di seluruh dunia baru dimulai kembali setelah sebelumnya sempat tertunda karena efek awal dari pandemi pada bulan Mei lalu, International Football Association Board (IFAB) sempat memberlakukan peraturan baru yakni perubahan jumlah maksimum pemain yang dapat diganti oleh pemain cadangan menjadi 5 orang dengan harapan dapat meringankan beban klub untuk menyelesaikan musim yang pada saat itu mengalami perubahan jadwal menjadi sangat ketat.

Kemudian, menurut Reuters, setelah musim 2019-2020 berakhir, sempat muncul agenda untuk meneruskan pemberlakuan peraturan tersebut dalam musim 2020-2021 ini, dengan IFAB membebaskan kepada setiap liga sepak bola untuk memutuskan untk memberlakukan peraturan tersebut kembali atau tidak. Klub-klub yang bermain di Premier League telah mengambil suara untuk tidak memberlakukan lagi peraturan tersebut, membuat peraturan mengenai pergantian pemain kembali seperti semula, yakni 3 pemain.

Beberapa klub Premier League yang menolak usulan pemberlakuan 5 pergantian pemain tersebut beranggapan pergantian pemain sebanyak 5 kali tersebut hanya akan menguntungkan para klub besar yang memiliki pemain bintang yang cukup banyak.

Seperti yang dikatakan oleh pelatih West Ham United, David Moyes, yang dikutip Reuters, “Saya memang berpikir bahwa ketika kami membuat keputusan, klub-klub tingkat bawah berpikir manfaat dari peraturan tersebut akan terasa kepada tim yang lebih besar.”

Namun, Sky Sports mengatakan bahwa pelatih klub-klub besar seperti Jurgen Klopp yang melatih Liverpool dan Pep Guardiola yang melatih Manchester City menganggap peraturan tersebut bukanlah menguntungkan para klub besar, tetapi sebuah kebutuhan dengan jadwal sepak bola yang semakin ketat.

Terkait hal ini, Klopp mengatakan, “Semua tim harus memahami mengapa peraturan tersebut akan membantu. Peraturan tersebut bukanlah sebuah keuntungan, tetapi menjadi sebuah kebutuhan.”

“Di semua negara lain peraturan tersebut dijalankan dan di sini kita seakan mengolok kompetisi dengan hanya memperbolehkan pergantian pemain sebanyak 3 kali.

Klopp juga mengatakan bahwa pihak asosiasi, FA juga harus memiliki sikap tegas dan kepemimpinan yang tegas akan hal ini, dengan menegaskan bahwa peraturan 3 pergantian pemain dapat mengancam kesempatan pemain untuk bermain membela negaranya, terutama bagi pemain-pemain Eropa yang akan bertanding di Euro 2021 mendatang.

Sementara itu, Pep Guardiola menyebutkan bahwa pergantian pemain sebanyak 3 kali ini akan mengancam kesejahteraan para pemain. Dirinya mengatakan, “Semua kompetisi di seluruh dunia memberlakukan pergantian pemain sebanyak 5 kali, tetapi di sini kita mempercayai orang-orang kita adalah orang-orang yang spesial.

“Kami tidak melindungi pemain, dan itulah mengapa pelaksanaan musim menjadi bencana, terutama dalam kalender pertandingan seperti musim ini. Saya akan meminta, jika pihak terkait memperbolehkan, agar kita kembali memberlakukan pergantian pemain sebanyak 5 kali.”

“Jika tidak, menjaga pemain akan menjadi lebih sulit.”

Moyes juga menjadi salah satu pelatih yang ikut setuju untuk memberlakukan 5 pergantian pemain setelah sebelumnya dirinya sempat menjadi pihak yang tidak setuju. Dirinya mengatakan, “Tetapi saya kini sangat menyetujui bahwa kesejahteraan pemain merupakan suatu hal yang sangat penting dan jika pada akhirnya keputusan terebut dirubah kembali saya tidak akan menentangnya. Akan tetapi, saya tetap berpikir bahwa peraturan tersebut akan membantu klub besar yang memiliki skuad yang besar.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *