Pembuktian Ruben Dias Bagi Manchester City

FlyGoal.com – Meski baru didatangkan selama satu bulan lamanya, Manchester Evening News mengabarkan bahwa bek tengah Manchester City, Ruben Dias mulai membuktikan dirinya mampu menjadi tembok pertahanan mumpuni bagi Pep Guardiola dan skuad asuhannya, sesuatu yang pelatih asal Spanyol tersebut butuhkan sejak pemain legendaris mereka, Vincent Kompany meninggalkan klub beberapa tahun lalu.

Tidak hanya Ruben Dias, beberapa kali Manchester City mendatangkan bek tengah untuk menggantikan sang mantan kapten tim yang merupakan salah satu pemain bek tengah terbaik di Premier League pada masanya. Pemain-pemain ternama seperti John Stones dan  Aymeric Laporte sempat disebutkan akan menjadi pengisi tempat Kompany di lini belakang.

Namun, hingga saat ini, kedua pemain tersebut belum mampu menunjukkan bahwa mereka mampu untuk melakukan hal tersebut. Stones yang sebelumnya pernah bermain untuk Everton dan Barnsley kini harus berkutat dengan cedera yang  dialaminya. Begitu juga Aymeric Laporte yang didatangkan City dari klub La Liga asal daerah Basque, Athletic Bilbao.

Kini, Dias pun dipilih Guardiola dari Benfica untuk menjadi tembok pertahanan The Citizen, beserta dengan pemain bek muda dari AFC Bournemouth, Nathan Ake untuk memperkuat pertahanan mereka.

Sementara Ake belum mampu untuk bersinar, Dias telah memperlihatkan secercah harapan bagi Guardiola dan City untuk menjadi penerus Kompany di lini belakang. Dias langsung diturunkan oleh Guardiola dalam laga perdananya melawan Leeds United, tim promosi dari EFL Championship. Dalam pertandingan tersebut dirinya menunjukkan gaya permainan yang mengesankan mantan pelatih Barcelona tersebut.

Sejak saat itu, dirinya telah diturunkan dalam 6 pertandingan berturut-turut, dengan pertandignan keenamnya merupakan pertandingan akhir minggu kemarin melawan Sheffield United. Dalam pertandingan tersebut, Kyle Walker, mantan pemain Sheffield mencetak satu-satunya gol dalam pertandingan tersebut dengan gol jarak jauhnya.

Setelah pertandingan tersebut, Guardiola mengaku terkesan akan duo bek Dias dan Laporte yang bermain baik. Dikutip dari BT Sport, dirinya mengatakan, “Mereka berdua bermain dengan baik. Mereka memberikan konsistensi. Di musim kemarin kami cenderung kesulitan karena kehilangan 2 pemain bek tengah.”

Tidak hanya itu, mantan pemain Manchester United, Rio Ferdinand juga telah mengatakan kepada BT Sport bahwa dengan datangnya Dias ke Etihad Stadium, City mulai memperbaiki lini belakang mereka. Ferdinand mengatakan hal tersebut ketika City berhasil memenangkan pertandingan Champions League mereka melawan Olympique de Marseille pada beberapa waktu lalu dengan skor meyakinkan 0-3 di Velodrome.

Jumlah 6 pertandingan berturut-turut tersebut menyamai rekor mantan pemain City, Nicolas Otamendi yang kini bermain untuk Benfica. Namun jumlah ini masih berada di bawah Stones yang memiliki 10 pertandingan berturut-turut serta Otamendi yang bertanding sebanyak 8 pertandingan di musim 2017-2018 ‘The Centurions’ mereka, dengan Laporte menciptakan rekor sebanyak 14 pertandingan di musim berikutnya.

Namun, belakangan ini dengan performa para pemain lainnya yang dirasa belum konsisten, Dias yang mulai membuktikan dirinya mampu untuk menjadi penerus Kompany akan menjadi harapan bagi Guardiola untuk menjadi sosok pemimpin di lini belakangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *