Terjadi Drama VAR, Southampton Libas Brighton

FlyGoal.com – Tampil dihadapan 2.000 fans yang akhirnya diperbolehkan ke Amex Stadium sesuai dengan peraturan pemerintah Inggirs, Brighton & Hove Albion harus bertekuk lutut di hadapan Southampton yang mampu mengalahkan mereka dengan skor tipis 1-2 yang dalam laga lanjutan Premier League yang dilaksankan pada hari Senin waktu setempat.

Berawal dari kesalahan bek jangkung Southampton, Jannik Vestergaard, tim tuan rumah melakukan serangan balik cepat jelang menit ke 4 yang dikomandoi oleh Solly March dari sisi lapangan Brighton, tetapi Danny Welbeck, penyerang veteran mereka belum mampu menyelesaikan umpan silang dari March dengan sempurna karena tendangan pelan dari mantan pemain Arsenal tersebut mampu ditangkap oleh AlexMcCarthy.

The Seagulls kembali mendapatkan kesempatan untuk mencetak angka terlebih dahulu dalam pertandingan tersebut ketika mereka berhasil mendapatkan tendangan bebas di menit ke 11. Tendangan bebas dari Pascal Gross berhasil menemukan sang kapten, Lewis Dunk tetapi sundulannya masih belum mengancam gawang McCarthy.

Tim tuan rumah akhirnya mendapatkan kesempatan untuk mencetak angka terlebih dahulu ketika Video Assistant Referee (VAR) memperlihatkan bahwa kapten tim tamu, James Ward Prowse melakukan handball di dalam kotak pinalti Southampton di menit ke 24. Gross mampu mengeksekusi pinalti tersebut dan memberikan gol untuk tuan rumah di menit ke 25.

Gross kembali menjadi ancaman bagi The Saints di menit ke 32 ketika dirinya mendapatkan operan pendek dari Welbeck dan menendang bola, tetapi bola tersebut masih melambung di atas gawang Southampton.

Jelang menit ke 40, Southampton mencoba untuk memberi tekanan kepada tim tuan rumah yang solid sejak menit pertama melalui tendangan dari Theo Walcott, tetapi tendangan pemain yang dipinjamkan dari Everton tersebut masih belum mengarah ke gawang Brighton yang dijaga oleh Mathew Ryan.

Di menit ke 44, akhirnya tim tamu berhasil menyamakan kedudukan dari sundulan Vestegaard setelah mendapatkan umpan terarah dari tendangan pojok Ward Prowse. Ryan tidak mampu menjangkau bola sundulan tersebut. Skor imbang 1-1 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Di babak kedua, kedua tim terlihat terus berusaha untuk memberikan kepada satu sama lain, dan Southampton kembali mendapatkan kesempatan untuk menambah gol ketika Walcott melakukan tendangan dari luar kotak pinalti yang tidak mengancam Ryan di menit ke 59.

Lagi-lagi Gross gagal untuk memanfaatkan kesempatan untuk mencetak gol di menit ke 66 ketika tendangannya masih melambung kea rah atas gawang McCarthy.

Laga sengit antara kedua tim asal pesisir selatan Inggris ini diwarnai oleh keputusan kontroversial VAR. Berawal dari pelanggaran yang dilakukan oleh March kepada bek kanan Southampton, Kyle Walker Peters yang terlihat dari real time dilakukan di ujung kotak pinalti, tetapi ketika wasit memeriksa VAR, diputuskan bahwa pelanggaran tersebut merupakan pelanggaran yang menyebabkan pinalti untuk Southampton.

Danny Ings, penyerang kawakan Southampton berhasil memasukkan pinalti di menit ke 81 tersebut dengan tenang meski fans menyorakinya.

Dengan hasil 1-2 yang bertahan hingga akhir pertandingan, Brighton semakin dekat dengan zona degradasi di posisi ke 16 klasemen sementara, sedangkan Southampton berhasil naik peringkat ke posisi ke 5.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *