Pirlo yang Masih Belum Tentukan Formasi Tetap Jelang Lawan Barca

Flygoal.com – Setelah dirinya menggantikan Maurizio Sarri yang telah berhasil mendapatkan gelar kesembilan berturut-turut bagi Si Nyonya Tua, Andrea Pirlo tampaknya kesulitan untuk membuktikan diri kepada klub asal Turin tersebut yang memberikan ekspektasi yang tinggi kepadanya

Setelah lima laga awal Serie A, pelatih yang sebelumnya juga bermain untuk klub tersebut hanya mampu menghasilkan 9 poin dengan 3 hasil imbang dan 2 hasil menang, terutama ketika 2 penyerang utama Juve, Cristiano Ronaldo dan Paulo Dybala memimpin di lini depan.

Pada akhir minggu lalu, Dybala sempat bermain untuk klub ketika melawan Hellas Verona. Namun, kehadiran penyerang asal Argentina tersebut tidak mampu untuk membantu Juve membalikkan keadaan yang pada akhirnya berakhir imbang 1-1.

Dilansir dari Daily Mail, dikabarkan bahwa setelah dirinya menjadi pelatih utama, Pirlo telah mencoba berbagai kombinasi formasi pemain seperti formasi 3-5-2 kemudian beralih ke 3-4-1-2 hingga formasi 3-4-3.

Menurut pemberitaan tersebut, jelang pertandingan melawan Barcelona di Champions League, bisa saja Pirlo menggunakan formasi 4 bek seperti 4-2-3-1 untuk mengantisipasi pergerakan pemain sayap Barcelona yang terkenal akan kecepatannya.

Mengutip Sportsmail, berikut pemain-pemain yang dapat digunakan oleh sang pelatih untuk mengantisipasi laga lawan klub raksasa La Liga tersebut.

Pemain Bertahan

Kembali ke formasi awal, Pirlo memutuskan untuk menggunakan 3 pemain bek yang didukung oleh 2 bek sayap di masing-masing sisi lapangan seperti Juan Cuadrado dan Danilo, dengan bek tengah seperti Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini.

Namun, karena Bonucci dan Chiellini kini tidak dapat dimainkan karena cedera yang mereka alami, Pirlo tampaknya akan memainkan Merih Demiral di sektor bek tengah.

Pemain Gelandang

Juve dipenuhi dengan gelandang-gelandang berbakat seperti Weston McKennie asal Amerika Serikat dan Adrien Rabiot yang telah menjadi pemain utama sejak Maurizio Sarri menjabat sebagai pelatih di musim lalu.

Namun, dalam beberapa pertandingan terakhir, Pirlo terlihat memainkan beberapa gelandang lainnya seperti Aaron Ramsey, Artur Melo, dan Rodrigo Bentacur.

Karena Weston McKennie dikabarkan masih dinyatakan positif terjangkit COVID-19, Rabiot dan Bentacur dapat menjadi pasangan gelandang yang mampu dengan keseimbangan pergerakan Rabiot dan Bentacur yang agresif.

Pemain Sayap

Sektor sayap Juventus pada saat ini lebih didominasi oleh pemain muda mereka, Dejan Kulusevski dan juga Federico Chiesa yang dipinjam dari Fiorentina.

Kulusevski lebih sering membantu membongkar garis pertahanan dengan kecepatannya dan juga ketepatannya dalam melakukan tendangan ke gawang. Hal ini terlihat ketika dirinya berhasil mencetak gol penyama kedudukan dalam laga imbang 1-1 melawan Hellas Verona.

Meski Chiesa telah dijatuhi hukuman kartu merah oleh wasit kala melawan Crotone, pemain muda tersebut akan tersedia untuk Pirlo mainkan di laga melawan Barcelona. Layaknya Kulusevski, kecepatan dan tingkat akurasi tendangan yang mumpuni membuat pemain asal Italia tersebut dapat menjadi ancaman garis pertahanan.

Penyerang Depan

Dengan Cristiano Ronaldo yang mengambil peran nomor 9 di lini depan tidak tersedia karena terjangkit coronavirus, tampaknya Pirlo kembali harus mengandalkan Dybala atau pemain Atletico Madrid, Alvaro Morata untuk mengisi kekosongan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *