Sebagai Tanda Penghormatan Terhadap Maradona, Stadio San Paolo Akan Ganti Nama

FlyGoal.com – Kabar meninggalnya legenda sepak bola Argentina, Diego Maradona sangat terasa bagi klub Napoli di Serie A.

Diego Maradona sendiri telah menghembuskan napas terakhirnya pada hari Rabu kemarin waktu setempat di usianya yang ke 60 tahun.

Menurut pemberitaan dari media asal Inggris, BBC, penyebab kematian sang mantan pemain sepak bola yang lahir di tahun 1960 tersebut adalah serangan jantung ketika dirinya berada di rumahnya di ibu kota Argentina, Buenos Aires, dan sebelumnya dirinya sempat masuk rumah sakit untuk menjalani operasi bedah otak.

Berkelana di Argentina dan Spanyol, Maradona baru mencapai tingkatan terbaiknya ketika dirinya bermain untuk I Partenopei pada tahun di tahun 1984. Bersama Napoli, Maradona berhasil membawa klub yang pada saat itu dicap sebagai tim papan bawah apabila dibandingkan dengan tim asal utara Italia menjadi salah satu klub terbaik di negara tersebut.

Maradona berhasil memenangkan 2 gelar scudetto Serie A pada musim 1986-1867, musim yang sama ketika pemain asal Argentina tersebut berhasil memenangkan Coppa Italia, yang membuat Napoli pada musim itu berhasil mendapatkan double gelar. Di musim 1989-1990, Napoli berhasil mendapatkan double yakni gelar scudetto dan juga Supercoppa Italiana.

Maradona juga berhasil memberikan kejayaan kepada Napoli di Eropa dengan memenangkan UEFA Cup (kini Europa League) dengan mengalahkan wakil Jerman, VfB Stuttgart dengan skor agregat 5-4 setelah melakukan 2 leg pertandingan.

Tentunya, dengan raihan-raihan yang telah dicapai oleh sang legenda, kota Napoli mengelu-elukan Maradona bak pahlawan.

Evening Standard mengabarkan bahwa mendengar kabar meninggalnya Maradona, para fans Napoli berkumpul di luar Stadio San Paolo and memberikan penghormatan terakhir di sana. Kini, dikabarkan bahwa Napoli berencana untuk menyematkan nama Maradona di nama stadion San Paolo sebagai bentuk pengabadian sang legenda.

Presiden klub Napoli, Aurelio de Laurentiis mengatakan, “Kami bisa mempertimbangkan ide untuk menami stadion kami San Paolo-Diego Armando Maradona.”

Ide ini didukung oleh walikota Naples, Luigi de Magistris, yang mengatakan, “Diego Armando Maradona telah tiada, pemain terhebat di dunia. Diego membuat orang-orang kami bermimpi, dirinya menebus Naples dengan kejeniusannya. Pada tahun 2017 dirinya menjadi penduduk kehormatan. Diego, Neapolitan dan Argentine, Anda memberikan kami kebahagiaan. Naples mencintai Anda.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *