100 Hari Melatih Barcelona, Ronald Koeman Membawa Banyak Perubahan

Ronald Koeman

Flygoal.com – 100 Hari sudah Ronald Koeman melatih Barcelona. Pria asal Belanda itu melatih Barcelona berbeda dari yang sebelum-sebelumnya.

Ronald Koeman melatih Barcelona sejak Rabu 19 agustus 2020 kemarin. Dirinya menggantikan Quique Setien yang gagal meraih titel juara di musim 2019/2020 kemarin.

Ronald Koeman dikontrak hingga bulan juni tahun 2022 mendatang. Buat Barcelona, Koeman bukanlah orang baru.

Dia pernah bermain sekaligus jadi asisten pelatih. Semasa bermain dari tahun 1989 sampai 1995, dia mengemas 254 penampilan bersama Blaugrana dengan koleksi 83 gol dan lima assist. Dia juga pernah mempersembahkan 10 trofi untuk Barcelona, termasuk empat kali juara LaLiga dan sekali Piala Champions atau Liga Champions.

Media Spanyol, Marca merangkum 100 hari karier kepelatihan Ronald Koeman. Barcelona bak dua sisi koin, sulit di Liga Spanyol dan berjaya di Liga Champions.

Barcelona sementara bercokol di peringkat ketujuh klasemen Liga Spanyol. Dari sembilan laga, Barcelona menang empat kali, seri dua kali, dan kalah tiga kali.

Mereka baru mengoleksi 14 poin, selisih 10 poin dari Real Sociedad di puncak klasemen. Tapi, Barcelona masih punya dua laga yang belum dimainkan.

Di Liga Champions, Barcelona memuncaki Grup G dengan 12 poin alias sukses menyapu bersih seluruh empat kemenangan. Blaugrana sudah mengamankan tiket ke babak 16 besar, meninggalkan pesaing terdekatnya, Juventus.

Ronald Koeman terkenal tanpa basa-basi. Dirinya keras, tugas, dan lugas. Kalau pemainnya tampil buruk, sudah pasti akan dikritik. Namun kalau tampil baik, dipuji sewajarnya.

Koeman tidak ragu berkomentar soal Lionel Messi yang kadang ada saja ‘dramanya’. Lain sisi, Koeman memaksimalkan potensi pemain lain untuk urusan mencetak gol, supaya tidak lagi bergantung kepada Messi semata.

Ronald Koeman dinilai tidak kesulitan memberi tahu para pemainnya ketika dia melihat sesuatu yang tidak disukai. Dia bisa banyak mengkritik, tetapi dirinya tidak bisa melakukan pendekatan langsung yang ‘bersahabat’.

Sejauh ini, Barcelona dinilai cukup oke. Posisi di klasemen liga memang sedang terlempar dari papan atas, tapi sesi pramusim yang minim bisa diterima sebagai alasannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *