Bartomeu Mundur Dari Jabatannya

FlyGoal.com – Kabar gembira tampaknya telah terdengar bagi para penggemar Barcelona. Pasalnya, menurut Reuters, dikabarkan bahwa Josep Maria Bartomeu telah menyerahkan surat pengunduran diri bersama dengan jajaran dewannya.

Pengunduran ini dikabarkan dilakukan menjelang pengambilan suara atas pemakzulan dirinya yang dikabarkan telah didukung oleh 20.000 anggota klub Barcelona pada awal November mendatang.

Sosok Bartomeu sendiri sudah dianggap buruk baik bagi para pemain senior Barcelona maupun para anggota klub serta para pendukung setianya. Bartomeu menjadi pusat dari beberapa insiden-insiden yang kontroversial yang terjadi dalam klub asal daerah Catalunya tersebut, seperti tudingan kampanye hitam terhadap para sosok penting bagi klub yang dilakukan melalui perusahaan i3 Ventures, menurunnya performa tim hingga kalahnya Barca dengan skor memalukan 8-2 melawan Bayern Munchen di Champions League musim kemarin, serta polemik Lionel Messi yang sempat menyatakan ingin hengkang dari Barca beberapa waktu lalu.

Sementara itu, dirinya juga sempat dikabarkan sempat melobi pemerintah Catalunya untuk menunda pengambilan suara tersebut karena kondisi yang kurang kondusif karena pandemi coronavirus, tetapi sayang usahanya gagal untuk dilakukan dan pengambilan suara tersebut akan tetap berjalan sesuai rencana. Menyikapi penolakan dari pemerintah tersebut Bartomeu menyebutkan bahwa pemerintah tidak bertanggung jawab.

Bartomeu sempat menyatakan bahwa dirinya tidak ingin pensiun lebih cepat, ketika dirinya mengatakan, “Hal termudah untuk dilakukan setelah kekalahan di Champions League adalah turun jabatan, tetapi seseorang harus mengambil keputusan di tengah-tengah krisis global yang tidak pernah terjadi sebelumnya seperti saat ini.”

Namun, dirinya terus mendapatkan tekanan, terutama dari sang bintang, Messi yang menyebutkan bahwa klub tersebut berada dalam kondisi yang berantakan di bawah keputusannya. Dirinya juga dikritik atas perlakuannya terhadap salah satu figur penting dalam klub, yakni Luis Suarez yang kini telah berseragam Atletico Madrid.

Pada saat pidato kemundurannya, Bartomeu mengatakan, “Keputusan ini adalah keputusan yang telah dipikirkan secara matang oleh semua pihak.”

Tentunya setelah mendengar kabar ini, mantan presiden Barcelona, Joan Laporta tidak dapat menyembunyikan rasa kegembiraannya. Dirinya menuliskan rasa gembiranya di dalam akun Twitter miliknya yang bertulis, “Sudah waktunya! Jalan telah terbuka untuk membangun kembali Barca. Panjang umur Barca!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *