Keberadaan Messi di El Clasico

FlyGoal.com – Jelang pertandingan akbar yang akan mempertemukan 2 klub terbesar di liga Spanyol, Barcelona dan Real Madrid pada akhir pekan ini, penyerang asal Argentina, Lionel Messi akan kembali menjalankan laga penting tersebut sejak dirinya terlibat untuk pertama kalinya sejak 2004 silam.

Kini, dengan Cristiano Ronaldo telah meninggalkan Real Madrid untuk melanjutkan karirnya bersama juara bertahan  Serie A, Juventus, tinggal Messi saja yang akan terus berlenggang dalam pertandingan yang sangat dinantikan oleh para penikmat sepak bola Spanyol.

Berikut serba serbi  pendek sang penyerang yang berkaitan dengan el clasico jelang pertandingan el clasico ke 42 sepanjang karirnya.

Awal Mula

Sumber: FC Barcelona News

Dikutip dari 90min, Messi sendiri baru dilibatkan dalam laga besar tersebut kala dirinya masih berumur 17tahun di tahun 2004 lalu. Pada saat itu, dirinya masih merupakan pemain cadangan dan hanya bisa melihat pemain-pemain seniornya, seperti Ronaldinho dan Samuel Eto’o berhasil meluluhlantahkan garis pertahanan Madrid dan berhasil memenangkan pertandingan tersebut dengan skor 3-0.

Setahun setelahnya, dirinya baru benar-benar bermain di lapangan dalam laga el clasico ketika Barcelona berkunjung ke Estadio Santiago Bernabeu. Pada pertadingan tersebut, Messi tampil gemilang dan mampu memberikan mimpi buruk kepada Los Galacticos yang dipenuhi pemain-pemain bintang seperti David Beckham, Zinedine Zidane, dan Sergio Ramos. Pada saat itu, dirinya berhasil memberikan satu assist.  Gol dari Messi dalam el clasico sendiri baru pertama kali 14 bulan setelahnya

Pada tahun 2007, mantan pemain Newell’s Old Boys tersebut berhasil mencetak hat trick el clasico pertamanya.

Capaian Messi di El Clasico

Dikutip dari Goal, sejak saat dirinya pertama kali bermain dalam el clasico hingga sekarang, Messi telah menjadi salah satu figur penting dalam derbi ini. Dirinya telah mencatatkan namanya dalam berbagai rekor yang berkaitan dengan el clasico, seperti rekor gol el clasico yang hingga kini masih belum bisa dikalahkan, yakni 26 gol, jauh di atas Cristiano Ronaldo yang memiliki 18 gol dan legenda Real Madrid, Alfredo di Stefano yang telah mencetak 16 gol.

Dari segi penampilan, Messi masih berada di bawah bek kawakan Madrid, Sergio Ramos yang memiliki 44 pertandingan, sementara Messi masih beradai di angka 43. Namun, jika Ramos yang kini cedera bisa tampil dalam akhir minggu nanti maka sang mantan pemain Sevilla tersebut dapat mengamankan rekornya.

Dirinya juga masih memiliki rekor yang masih sedang berjalan, yakni rekor kemenangan laga el clasico yang hingga kini masih dipegang oleh Paco Gento yang memiliki rekor 21 kemenangan, sementara Messi masih memiliki 19 kemenangan. Apabila dirinya bermain baik di musim ini dan memenangkan 2 el clasico, pemain asal Argentina tersebut mampu menyamai rekor Gento tersebut.

Pada akhirnya, tidak dapat dipungkiri lagi, sosok Messi merupakan sosok yang tidak bisa dilepaskan dari el clasico. Dengan masih ada beberapa rekor yang masih dapat dirinya pecahkan di musim ini, Messi merupakan salah satu pemain sepak bola termahsyur yang akan selalu dikenang atas capaiannya bersama Barcelona, baik dalam el clasico maupun tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *