Messi Keluar, La Liga Tetap Berdiri

FlyGoal.com – Dengan rumor-rumor yang mengabarkan bahwa Lionel Messi memiliki kemungkinan akan hengkang dari La Liga di akhir kontraknya bersama Barcelona, muncul juga beberapa opini yang menyebutkan bahwa nilai jual La Liga akan menurun, mengingat Messi merupakan salah satu daya tarik besar yang membuat orang-orang menyaksikan La Liga.

Gaya permainan Messi yang seakan mampu menembus berbagai macam pertahanan dan jumlah gol yang mencapai 447 gol sejak dirinya bermain di tanah Spanyol, tidak heran dirinya memiliki banyak penggemar yang ingin melihatnya beraksi di lapangan.

Namun, jika dirinya memutuskan untuk hengkang dari La Liga dan bermain di liga lain, tidak heran juga para penggemar sang pemain juga berhenti menyaksikan  La Liga dan akan menyaksikan liga lain agar dapat menyaksikan pemain idola mereka bermain.

Meski demikian, presiden La Liga, Javier Tebas tidak terlalu mencemaskan kondisi liga apabila pemain asal Argentina tersebut pergi meninggalkan La Liga. Menurut Goal, Dirinya mengatakan bahwa dengan berkaca dengan pengalaman ketika Cristiano Ronaldo hengkang dari Real Madrid menuju Juventus pada tahun 2018 lalu dan Neymar hengkang dari Barcelona menuju Paris Saint Germain pada tahun 2017, kepergian Messi tidak akan memiliki pengaruh yang cukup signifikan.

Tebas mengatakan, “Kami lebih menginginkan Messi untuk tetap tinggal di La Liga tetapi Ronaldo dan Neymar telah pergi dan kami tidak merasakan perbedaan sedikitpun. Kami siap.”

Tebas juga memberikan kritik kepada Manchester City yang dikabarkan memiliki kaitan kuat dengan City, dengan mengatakan, “Tampaknya satu-satunya klub di Premier League yang berbicara untuk mendatangkan Messi adalah Manchester City, yang beregrak di luar aturan. Bukan hanya saya yang mengatakan hal ini.”

“Saya tidak terlalu mengkhawatirkan mereka. Saya telah memberikan kritik kepada mereka berulang kali. Melakukannya lagi tidak akan memberikan pengaruh apa-apa. City tidak terpengaruh oleh COVID maupun pandemi karena mereka memiliki finansial yang berbeda dan tidak mungkin kami bersaing melawan itu.”

Sementara itu, mantan pemain Atletico Madrid, Diego Forlan juga memberikan pendapat yang sama mengenai Messi dan La Liga. Dirinya mengatakan bahwa sebesar apapun pemainnya, La Liga merupakan hal yang terpenting.

Kepada MARCA Sport Weekend, Forlan mengatakan, “Saya tidak mengatakan bahwa Messi yang akhirnya tetap tinggal merupakan sebuah berkah.”

“Tentunya  La Liga telah berkembang berkat bakat-bakat hebat yang bermain di untuk klub-klub La Liga yang berbeda-beda. Namun, La Liga adalah La Liga, dan klub merupakan suatu hal yang penting, dan menjadi bagian dalam sejarah.”

“Dirinya tinggal merupakan kabar yang sangat baik, tetapi mereka berkembang… Leo Messi, Luis Suarez… pemain-pemain hebat. Mereka berubah dan La Liga akan tetap ada. Sudah lebih dari 90 tahun sejarah dari La Liga dan para pemain hebat sudah bermain di sana, dan terus akan seperti itu.”

“Tetapi, pada akhirnya, apa yang berada di La Liga, para tim, dan itulah hal yang penting.”

Pada akhirnya, memang pemain-pemain yang berbakat merupakan salah satu faktor penarik sebuah liga, tetapi hal yang masih menjadi daya tarik utama adalah tingkat persaingan liga yang tinggi serta permainan-permainan cantik yang ditunjukkan oleh sebuah tim sepak bola, dan La Liga, yang telah melakukan hal tersebut sejak lama, masih akan berdiri sampai tahun-tahun yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *