Setien Mengaku Susah Mengatur Messi Dan Pernah Ribur Dengannya

Messie and Setien

Flygoal.com – Quique Setien mengakui Lionel Messi sulit ditangani. Itu tidak lepas dari status Messi sebagai salah satu pemain terbaik di dunia.

Setien menangani Messi selama dipercaya melatih Barcelona dalam rentang Januari-Agustus 2020. Ia dipecat setelah kekalahan telak 2-8 yang ditelan Barca dari Bayern Munich di perempatfinal Liga Champions.

Tujuh bulan bekerja bersama Messi, Setien menyadari bahwa memang sulit menangani salah satu pemain terbaik dalam sejarah sepakbola. Salah satunya adalah standar tinggi yang diterapkannya selama bertahun-tahun secara konsisten.

“Menurut saya Messi adalah yang terbaik sepanjang masa. Ada pemain bagus lainnya yang sudah jadi sosok hebat, tapi kontinuitas yang dimiliki anak ini selama bertahun-tahun tidaklah dimiliki pemain-pemain lainnya,” kata Setien kepada El Pais dikutip Metro.

“Leo itu sulit ditangani. Tapi siapalah saya untuk mengubahnya? Kalau mereka sudah menerimanya apa adanya selama bertahun-tahun dan tidak mengubahnya. Ada aspek lain melampui sosok pemainnya dan itu membuat sulit untuk ditangani. Jauh lebih sulit.”

“Itu adalah sesuatu yang melekat pada banyak atlet, seperti yang bisa dilihat dalam film documenter Michael Jordan (The Last Dance). Anda melihat hal-hal yang tidak Anda perkirakan. Dia sangat pendiam tetapi dia membuat Anda melihat hal-hal yang dia inginkan. Dia tidak banyak bicara,” imbuhnya.

Faktor ini membuat adanya rumor Lionel Messi dan Quique Setien sempat bertengkat hebat.

Setien yang gagal memberi gelar untuk Barcelona, dikabarkan sempat bersitegang dengan Messi. Kejadiannya saat Blaugrana ditahan Celta Vigo 2-2 di pekan ke-32 Liga Spanyol.

Saati itu, Barcelona ditahan saat bertandang ke Balaidos yang membuat Real Madrid bisa merebut posisi pertama klasemen Liga Spanyol. Usai gagal menang, Messi kabarnya ribut dengan Setien.

Saat itu, Messi kabarnya kesal dengan taktik Setien. Menurut Mundo Deportivo, LaPulga meminta Setien mendegarkan masukannya.

Namun, Setien kabarnya malah marah. Ia malah meminta Messi keluar. “Jika Anda tidak menyukai apa yang saya katakana, Anda tahu di mana pintunya,” kata Setien.

Setien sendiri akhirnya dipecat Barcelona, usai menutup musim dengan kekalahan memalukan dari Bayern Munich di Liga Champions, yakni dihajar 2-9. Pria 62 tahun itu hanya punya catatan memimpin 25 pertandingan, dengan 16 kemenangan, 4 imbang, dan 5 kekalahan.

Raksasa Liga Spanyol itu kemudian menunjuk Ronald Koema sebagai pelatih baru. Namun, di tangan pelatih asal Belanda itu, performanya masih angina-anginan.

Barcelona terakhir ditahan 1-1 oleh Alaves. Barcelona kini masih tertahan di peringkat ke-12 klasemen Liga spanyol dengan baru mengoleksi 8 poin dari 6 laga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *